BC PERAK OPTIMIS MENGHADAPI MANDATORY PDE INTERNET

BC Perak BERAKSI

#Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI#

 

       Surabaya, 12 Desember 2018 –  Tiada henti mengedukasi para pengguna jasa terkait implementasi PDE Internet, Bea Cukai Tanjung Perak menjadi salah satu narasumber sosialisasi, pada acara Sosialisasi  Pertukaran Data Elektronik (PDE) Internet dan Coaching Clinic Terkait OSS (Online Single Submission) siang ini , Rabu, 12 Desember 2018 . Sosialisasi yang dimotori oleh GINSI tersebut dihadiri oleh para importir anggota asosiasi GINSI sebanyak kurang lebih 300 orang berlangsung di Graha Widya Bhakti STIESIA Surabaya. Selain para importir, hadir juga Kepala Otoritas Pelabuhan dan tamu undangan lain seperti perwakilan dari Disperindag Propinsi, BPOM, Karantina, KADIN  dan Konjen  (belanda, Inggris, Australia)

Materi pertama disampaikan oleh pengurus GINSI, Medy Prakoso KSO SCISI KONTAINER tentang “Survei Kondisi Petikemas Berbasis Teknologi Informasi (SKPTI)”, pada materi ini beliau memberikan penjelasan manfaat dari SKPTI, dilanjut dengan pemaparan Pertukaran Data Elektronik (PDE) oleh Kasubsi Pengolah Data, Inwan Manaf dari Bea Cukai Tanjung Perak. Alhamduillah sudah 85%, pengguna jasa di wilayah  Surabaya yang sudah menggunakan PDE internet ini, pukas Inwan. Adapun narasumber terakhir dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Ibu Dyah. Beliau menjelaskan terkait Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission) yang harus diketahui dan segera dilaksanakan oleh seluruh perusahaan khususnya para importir.

PDE internet dibangun untuk meningkatkan pelayanan yang lebih efektif dan efisien, akses mudah dan menghemat biaya, Soisalisasi terkait PDE Internet ini menjadi sosialisasi yang kesekian kali yang dilakukan oleh BC Perak kepada para pengguna jasa, dengan harapan saat mandatory penetapan penggunaan PDE Internet  pada awal tahun 2019 sudah dapat berjalan dengan lancar di BC Tanjung Perak.

 

#bcperakberaksi #beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan :