KELAS BIMBINGAN PERDANA DI 2019: MATERI COO TETAP JADI FAVORIT

Surabaya, 16 Januari 2019  –  Alhamdulillah, salah satu program unggulan BC Perak yakni kelas Bimbingan Kepabeanan yang telah diselenggarakan sejak 2017, masih menjadi favorit pengguna jasa. Hal ini dapat dilihat dari besarnya antusiasme mereka pada saat sesi pendaftaran dibuka. Banyak dari mereka yang memohon hingga merayu admin untuk bisa mengikuti kelas bimbingan walau sudah dinyatakan bahwa kuota telah habis.

Program yang telah terlaksana sejak tahun 2017 ini rutin diadakan setiap 2 kali dalam 1 bulan. Pagi ini Rabu, 16 Januari 2019 kembali diadakan kelas bimbingan kepabeanan untuk pertama kalinya pada tahun 2019. Tidak tanggung-tanggung, materi pembuka dalam kelas perdana ini merupakan materi pamungkas dan favorit pengguna jasa, apalagi kalau bukan terkait COO/ SKA. Mahmud Zein dan Agus Setya Budi, dua orang perwakilan dari PFPD yang menjadi pemateri pada pagi ini.

Sebagai pengantar memasuki sesi penyampaian materi, pembicara memberikan pemahaman awal terkait COO/ SKA. Bahwa pada dasarnya COO/ SKA merupakan dokumen yang fungsinya sebagai “surat keterangan” yang menyatakan bahwa barang yang diekspor (atau diimpor) berasal dari suatu negara yang telah membuat suatu kesepakatan (aggrement) dengan negara tersebut. Biasanya aggreement tersebut berkaitan dengan skema Free Trade Area dalam perdagangan internasional.

Masalah yang kerap muncul terkait dokumen ini adalah terkait kebenaran/keasliannya. Beberapa indikasi yang membuat COO/ SKA diragukan antara lain stempel / tanda tangan yang tidak sesuai, kriteria asal barang diragukan, dan ketidaksesuaian informasi antara SKA, ID, E- Form D/ Dokumen pelengkap SKA. Selama sesi penyampaian materi berlangsung, beragam pertanyaan muncul dari pengguna jasa. Pertanyaan itu terkait selisih penerbitan SKA Form E, bagaimana jika ada lebih dari 1 SKA dalam 1 shipment, Bagaimana jika sebenarnya barang ada 50 item namun yang masuk Form E hanya 20 Item/ sebagian dan beberapa pertanyaan lainnya.

Pemateri menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan lugas dan jelas meski terkadang diselingi dengan lawakan agar pengguna jasa tidak tegang. Adanya narasumber yang komunikatif dan memiliki pemahaman mendalam terkait ilmu kepabeanan menjadikan program ini mendapat dukungan penuh dari pengguna jasa. Mari kita doakan bersama semoga program ini semakin berkembang dari tahun ke tahun serta dapat mengedukasi pengguna jasa lebih banyak lagi, Aamiin.

 

#bcperakberaksi #beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan :