KUNJUNGAN KERJA INSPEKTUR JENDERAL KEMENKEU KE BC PERAK

Tanjung Perak, Surabaya - Inspektur Jenderal Kemenkeu, Sumiyati melakukan kunjungan kerja ke Bea Cukai Tanjung Perak pada hari Kamis,25 Januari 2017. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka Penguatan Integritas dalam pengawalan fungsi pelayanan dan pengawasan Bea Cukai Perak terhadap kegiatan Ekspor dan Impor sehingga dapat memenuhi target penerimaan negara.

Acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJBC Jatim I, Muhamad Purwantoro dan dilanjutkan dengan pemaparan profil Kantor Bea Cukai Perak oleh Kepala Kantor, Basuki Suryanto. Dalam acara ini Sumiyati menjelaskan mengenai peran Itjen dalam mendorong dan menjaga integritas di Kementerian Keuangan. Menurut beliau, tiap-tiap pegawai memiliki tanggung jawab yang besar dalam keberhasilan untuk mencapai target penerimaan negara. Beliau juga memaparkan informasi mengenai hasil investigasi Itjen terhadap DJBC. Pemaparan Hasil Investigasi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindakan pelanggaran pada DJBC khususnya wilayah Jawa Timur I dan sebagai pengingat bagi para pegawai di wilayah Jatim I untuk selalu menjunjung tinggi integritas dalam bekerja.

Siang harinya acara dilanjutkan dengan Kunjungan ke PT Terminal Peti Kemas Surabaya dan Gudang Kamadjaja (Kamadjaja Logistics). Dalam Kunjungan ini Sumiyati melihat secara langsung tata cara pemeriksaan barang oleh bea Cukai di tempat penimbunan sementara. Beliau terlihat begitu antusias dalam memeriksa satu persatu kontainer yang sedang menjalani prosedur pemeriksaan, mulai dari kontainer yang berisi mesin, kain, bahkan mainan. Beliau juga menyampaikan harapannya bahwa kita harus mendukung industri dalam negeri agar tidak kalah bersaing dengan produk-produk impor, karena pada dasarnya kita memiliki sumber daya alam yang melimpah dan akan sangat disayangkan jika tidak diolah dengan maksimal.

#beacukaimakinbaik #beacukaiindonesia #bcperak

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)