PERDANA DI 2019: BC PERAK UNDANG TPS DALAM SHARING SESSION PEMERIKSAAN FISIK BARANG IMPOR

BC Perak BERAKSI

#Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI#

Surabaya, 15 Januari 2019  –  Akhir-akhir ini, BC Perak tengah gencar mengadakan peningkatan dalam segala aspek, salah satunya adalah aspek pelayanan. Hal ini dapat dibuktikan dengan terselenggaranya sharing session terkait pemeriksaan fisik barang impor yang mengundang 3 (tiga) pengusaha Tempat Penimbunan Sementara (TPS) dibawah wilayah pengawasan BC Perak. Acara yang diselenggarakan di Meeting Room tersebut, dimulai pukul 09.00 WIB dengan narasumber I Putu Agus Aryawan sebagai Kepala Seksi PKC VII. Ketiga TPS yang menjadi tamu undangan pada pagi itu antara lain PT. Terminal Teluk Lamong, PT. Marcapada Sukses Indonesia dan PT. Karana Panorama Logistik.

Demi terciptanya pelayanan teknis dan fasilitas pemeriksaan fisik barang impor yang efektif dan efisien, BC Perak dengan Pengusaha TPS tersebut mendiskusikan kendala- kendala yang dihadapi dalam proses pemeriksaan fisik. Kendala-kendala tersebut diungkapkan sesuai kondisi di lapangan dan masukan dari berbagai pihak terutama pengguna jasa.

Setiap TPS menghadapi kendala yang berbeda beda. Secara garis besar kendala tersebut berupa sistem pergerakan kontainer yang lambat karena keterbatasan SDM dan alat pendukung, Kekurangan generator set, UPS serta emergency lamp untuk mendukung kinerja apabila listrik padam, kekurangan forklift untuk kapasitas 10T, dan beberapa kendala lain terkait sistem. Atas kendala-kendala yang disampaikan tersebut, pihak TPS telah memberikan respon langsung dan menetapkan solusi serta pemecahan masalah bersama dengan menetapkan jangka waktu perbaikan atas setiap kendala yang ada.

Kepala Kantor BC Perak, Basuki Suryanto mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini, beliau menyampaikan bahwa kedepan Sharing Session seperti ini perlu diadakan kembali untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi, khususnya terkait pemeriksaan fisik barang impor demi terciptanya pelayanan pemeriksaan barang yang efektif dan efisien.

#bcperakberaksi #beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan :