PERSIAPAN BC PERAK MENGHADAPI MANDATORY PDE INTERNET

Surabaya, 29 November 2018 –Dalam rangka persiapan untuk menghadapi mandatory penerapan PDE Internet, BC Perak melakukan kegiatan sosialisasi PDE Internet yang dilaksanakan 1 hari  dalam 3 sesi kelas di Auditorium BC Perak yang disambut dengan antusias yang besar dari pengguna jasa.   Kegiatan sosialisasi PDE Internet yang dilaksanakan pada hari Kamis, 29 November 2018 di Auditorium BC Perak disambut dengan antusias yang besar dari pengguna jasa. Sosialisasi yang diadakan dalam tiga sesi ini dikemas dalam acara Kelas Bimbingan Kepabeanan edisi khusus. Sosialisasi serupa sebelumnya pernah diselenggarakan pada bulan Agustus 2018 dan juga mendapat sambutan hangat dari para pengguna jasa. Pengiriman PIB menggunakan jaringan ini diharapkan akan memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa karena bersifat nasional, bisa digunakan di KPPBC manapun tanpa harus permohonan pembukaan jalur seperti pada pengiriman PIB menggunakan modul EDI.

Sosialisasi terkait PDE Internet kali ini menggandeng narasumber dari Tim Direktorat IKC Kantor Pusat, Bapak Andika Yusdhistira dan Bima Suryaprana. Selain penyampaian materi, narasumberpun merespon semua pertanyaan para pengguna jasa yang menyampaikan permasalahan yang timbul pada saat pengiriman data dokumen melalui sistem PDE Internet selain itu beliau juga memberikan solusi dan menjelaskan tindakan prefentif apa untuk mencegah timbulnya permasalahan serupa. Antusiasme pengguna jasa telihat begitu besar dalam mengikuti sosialisasi ini , tercatat lebih dari 300 pengguna jasa yang mengikuti sosialisasi yang dibagi dalam 3 sesi ini.

 Selain sosialisasi, komunikasi aktif terkait pelaksanaan uji coba PDE Internet ini telah kita bangun dengan para pengguna jasa melalui chatting di Grup WhatsApp PDE Internet, hal ini menjadi salah satu kemudahan bagi pengguna jasa jika mengalami kendala pada saat pengiriman pemberitahuan dokumen kepabeanannya.

Penginstalan Modul PDE Internet sendiri di BC Perak sudah dimulai sejak bulan September, hingga saat ini jumlah pengguna jasa yang mengajukan permohonan instal modul terus meningkat. Menurut data yang tercatat 44% Importir, 37% Eksportir, 65 % PPJK Impor dan 47% PPJK Ekspor di bawah BC Perak telah beralih dari EDI ke PDE Internet.

 

#bcperakberaksi #beacukaimakinbaik

(PLI BC Perak)

Dokumentasi Kegiatan :