Refleksikan Pelaksanaan Bintal Muslim 2018, Hijrah menjadi yang lebih Baik

BC Perak BERAKSI

#Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI#

                Tanjung Perak, SurabayaKamis (20/12/18), Auditorium pagi itu dipenuhi puluhan pasang mata yang terlihat antusias dan semangat, namun ada pula tatapan mata lelah dan sayu, barangkali masih mengantuk karena habis piket malam. Sekeliling terlihat wajah cerah, terdengar celotehan “berisik” yang terselipkan canda tawa. Betul memang, suasana generasi Y atau akrab kita dengar sebagai generasi milenial itu penuh dengan keceriaan dan sedikit ekspresi serius. Eits, namun jangan salah, secara kinerja mereka tidak bisa dianggap sepele. Hanya saja begitulah cara kerja mereka, serius tapi santai,namun pekerjaan tetap diselesaikan dengan baik.

Kegiatan program Micro Learning Center (MLC) menjadi wadah bagi mereka di KPPBC TMP Tanjung Perak untuk mendapat bimbingan dari para koordinator dan wakil koordinator, kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membina mental ini, terlihat banyak mengalami peningkatan. Sebagian dari mereka sudah banyak yang mulai menyenangi kajian ilmu, ada yang semangat belajar ngaji hingga mulai rutin menghafal quran, alhamdulillah

                Proses pembangunan dan pembinaan mental terus berlanjut, dipenghujung bulan tahun 2018 pengurus bintal mengadakan kegiatan bintal umum muslim dengan mengundang motivator dari Kediri, Ustadz Marenda Darwis namanya. Yang mana sebelumnya (pada bulan Oktober) telah dilaksanakan juga bintal gabungan (islam, pwk, hindhu dan budda) dengan narasumber dari salah satu relawan PALU-Donggala, berbagai kegiatan ini diharapkan akan menjadi pendukung program penguatan integritas para pegawai di Kantor BC Perak tentunya.

                “Setiap orang, secara fitrahnya ingin menjadi lebih baik, apapun itu. Bahkan preman sekalipun sejatinya ingin menjadi lebih baik. Kecuali jika fitrah itu terhalang oleh sesuatu, maka keinginan menjadi lebih baik akan berkurang atau bahkan sirna” jelas ustadz Darwis. Beliau banyak menekankan agar kita segera berhijrah menjadi lebih baik dari sebelumnya, terutama terkait dengan peningkatan keimanan, pada hakekatnya keimanan yang baik akan mencerminkan kinerja seseorang dalam pekerjaan, seorang yang baik imannya akan terlihat dari sikap dan akhlaknya, dia akan selalu berusaha menjaga setiap perkataan dan perbuatannya agar tidak menjadi beban hisab di akhirat kelak, baik melaksanakan amanah menjadi pegawai maupun kedudukannya di keluarga dan masyarakat.

                Beliau juga banyak menceritakan bagaimana perjalanan kita nantinya di akhirat, terutama di padang mashyar nanti. Setiap kita akan ditanya mulai dari hal besar sampai yang kecil sekalipun, tanpa terkecuali. Proses waktu 50 juta tahun akan menjadi peristiwa yang sangat berat saat kelak di padang mahsyar. Ada yang dibangkitkan dengan kondisi terseok-seok, ada yang berjalan dengan mukanya, naudzubillahimindzalik. Semua ilustrasi yang beliau sampaikan seharusnya sudah cukup untuk membuat kita mawas diri menghadapi hari akhir nanti, maka masih pantaskah kita hanya tenang-tenang saja saat ini?  Yuk mari… berhijrah ke yang lebih baik.

 

#bcperakberaksi #beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan :