Sosialisasi PDE Internet

Tanjung Perak, Surabaya – Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan PDE internet manifes di lingkungan Kantor Bea dan Cukai Tanjung Perak, maka pada Selasa (05/12/2017) Bea Cukai Tanjung Perak mengadakan sosialisasi PDE Internet kepada para stakeholders terutama para agen pelayaran.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Seksi Manifes, Sulaiman selaku perwakilan dari Kepala kantor dan dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Seksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen (PDAD), Trimulyo Cahyono. Beliau menjelaskan beberapa poin diantaranya :

  • Per 1 Januari 2018 akan diterapkan secara penuh PDE internet manifest yang sebelumnya masih menggunakan PDE EDI.
  • Sekarang sudah mulai diuji coba penerapannya dari bulan Oktober 2017 di KPPBC TMP Tanjung Perak.
  • PDE internet manifest merupakan program baru, masih ada kekurangannya. Diusahakan agar dalam pertengahan Desember 2017 sudah mulai menggunakan PDE internet manifest, agar bisa dilakukan evaluasi.
  • Ada satu permasalahan yang masih dalam penyempurnaan, misal di dalam 1 BC 1.1 ada 300 pos, yang terbaca hanya beberapa pos, data seolah tidak masuk
  • Jika kode pelabuhan tidak ada, maka lakukan patch.
  • Program PDE internet manifest diuji coba di luar Jawa, karena rata-rata belum menggunakan EDI, masih entri secara manual.

Para peserta sangat antusias dalam menerima pemaparan yang diberikan, terlihat dari banyak pertanyaan yang diajukan kepada pembicara. Hingga tidak terasa waktu telah siang yang menandakan berakhirnya acara hari itu.

(PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)