Sosialisasi Pemeriksaan Fisik Barang Impor

Tanjung Perak, Surabaya – Pada Selasa (07/12/2017) Bea Cukai Tanjung Perak mengadakan sosialisasi Pemeriksaan Fisik Barang Impor kepada para pengguna jasa. Sosialisasi ini terkait penerapan Perdirjen Bea Cukai No 26/BC/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor Per-12/BC/2016 Tentang Pemeriksaan Fisik Barang Impor

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Kantor Bea dan Cukai, Basuki Suryanto selaku perwakilan dari Kepala kantor dan dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VII, Tarik Fasya. Beliau menjelaskan beberapa poin diantaranya pemeriksaan fisik secara mendalam dilakukan dalam hal :

  • Saat pemeriksaan fisik ditemukan jumlah dan/atau jenis barang tidak sesuai dengan dokumen yang digunakan sebagai dasar pemeriksaan fisik.
  • Hasil analisis tampilan pemindai peti kemas terdapat indikasi ketidaksesuaian jumlah dan/atau jenis barang dengan dokumen yang digunakan sebagai dasar pemeriksaan fisik berdasarkan pada keahlian (professional judgement) Pejabat Bea dan Cukai yang menangani analisis pemindaian peti kemas
  • Pemeriksaan fisik karena jabatan
  • Terdapat informasi intelijen
  • Barang impor dalam bentuk curah
  • Dokumen pelengkap pabean menunjukkan barang impor dikemas dalam kemasan bernomor, kedapatan kemasan tidak bernomor, atau nomor kemasan tidak sesuai.

Para peserta sangat antusias dalam menerima pemaparan yang diberikan, terlihat dari banyak pertanyaan yang diajukan kepada pembicara. Hingga tidak terasa waktu telah siang yang menandakan berakhirnya acara hari itu.

(PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)