TEGAKKAN DISIPLIN PEGAWAI BC PERAK GELAR P2KP KHUSUS

BC Perak BERAKSI

#Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI#

Surabaya, 17 Januari 2019  –  Pagi ini sedikit berbeda dari biasanya, puluhan pasang mata dikumpulkan di ruang auditorium BC Perak untuk menerima arahan terkait Surat Edaran Dirjen BC nomor SE-14/BC/2018. Surat Edaran ini berisi tentang Penegakan Disiplin, bila dilihat dari judulnya saja sudah berhasil membuat puluhan pasang mata yang hadir di pagi itu terlihat tegang. Eiitsss tapi tunggu dulu, ternyata pemateri pagi ini Didiek Kurniawan, malah berhasil membawa suasana menjadi lebih cair.

Tawa renyah mulai muncul ketika Kepala Seksi Kepatuhan Internal itu memberikan perumpamaan mengenai kedisiplinan. “Disiplin itu sama seperti ketika kita pergi ke Indomerit mendengar mereka berkata selamat datang, selamat berbelanja. Awalnya kita akan merasa aneh tapi lama- lama menjadi terbiasa dan justru timbul ciri khas yang membuat orang yang datang merasa kehilangan jika tidak mendengarnya. Intinya perlu dibiasakan agar terbiasa bahkan menjadi ciri khas dimata pengguna jasa” ujar beliau.

SE-14/BC/2018 adalah Surat Edaran tentang Penegakan Disiplin yang mengatur tentang Budaya Disiplin mulai dari disiplin berpakaian, disiplin kehadiran, disiplin sikap dan perilaku. Hal-hal terkait pelanggaran dan pemberian sanksi juga diatur di dalamnya. Pemberian sanksi tersebut memiliki tahapan yang berbeda sesuai dengan frekuensi atau seberapa sering pelanggaran tersebut dilakukan. Sanksinya mulai dari diumumkan melalui pengeras suara, membuat dan menandatangani surat pernyataan hingga yang paling mencengangkan peserta pagi itu yakni sanksi diumumkan saat apel bulanan. Bisa dibayangkan betapa malunya bila kita yang disebut, amit amit deh.

Di penghujung penyampaiannya, beliau selalu menegaskan agar seluruh pegawai dapat meningkatkan kedisiplinan mereka terutama terkait disiplin berpakaian dan disiplin kehadiran. Keberadaan aturan ini tidak perlu dijadikan beban karena isinya adalah hal-hal yang sudah sepatutnya kita kerjakan sebagai pegawai yang taat mengikuti aturan. Bukankah mengikuti perintah pemimpin selama itu untuk kebaikan adalah suatu kewajiban? Maka tidak perlu lagi mengkritisi mereka, namun ikuti saja apa yang mereka perintahkan bila itu untuk kebaikan kita, karena pemimpin itu cerminan rakyatnya.

#bcperakberaksi #beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan :