Coffee Morning Bea Cukai Tanjung Perak dan Survei Kepuasan Pengguna Jasa 2017

Tanjung Perak, Surabaya – Senin (07/08/2017) KPPBC TMP Tanjung Perak menyelenggarakan Coffee Morning di Auditorium Utama yang dihadiri oleh para importir, eksportir, PPJK, asosiasi dan pengusaha TPS. Para tamu undangan diarahkan untuk dapat mengikuti tour plan sebelum memasuki auditorium. Tour plan ini dimulai dengan memasuki Ruang Pelayanan 1, yaitu penelitian dokumen, ruang kerja PFPD dan ruang server serta diakhiri dengan memasuki auditorium utama untuk mengikuti kegiatan inti. Sebagai pendamping para tamu dalam melakukan tour plan adalah para pejabat di lingkungan KPPBC TMP Tanjung Perak.

Acara inti dimulai pada pukul 09.20 WIB dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Jatim I, Decy Arifinsjah. Dilanjutkan dengan sambutan dan materi oleh Kepala Kantor, Efrizal. Dalam sambutannya, beliau menuturkan bahwa Kantor Perak telah melakukan banyak perubahan dan inovasi agar memudahkan pengguna jasa dalam berhubungan dengan kegiatan kepabeanan. Salah satunya dengan adanya Sistem Modifikasi Informasi (SIMODIS).

Sebagai tindak lanjut dalam inovasi tersebut, dalam coffee morning ini disampaikan materi mengenai SIMODIS oleh PFPD, I Gusti Agung Ayu Ari Tyastari. SIMODIS ini adalah inovasi yang digagas oleh dirinya dimana pengguna jasa dapat menerima push notifications langsung melalui smartphone berbasis android mereka. Dengan adanya inovasi ini, akan menghilangkan kemungkinan pengguna jasa tidak menerima atau terlambat menerima respon berupa NPD (Nota Permintaan Dokumen) dan/atau Informasi Nilai Pabean (INP) yang diterbitkan oleh PFPD yang seringkali terlambat diterima melalui sistem CEISA. Dalam penyampaian materi tersebut panitia juga menyediakan formulir pendaftaran bagi para tamu yang ingin melakukan pendaftaran dan melakukan uji coba SIMODIS secara langsung.

Selain pemaparan materi SIMODIS, coffee morning ini juga dihadiri oleh Tim dari Direktorat Kepatuhan Internal Kantor Pusat DJBC dan Tim Kepatuhan Internal Kanwil DJBC Jatim I. Kehadiran tim ini adalah untuk melakukan survei kepuasan pengguna jasa dan survei integritas kepada para pengguna jasa yang mendapatkan pelayanan langsung. Survei ini sangat penting untuk dilaksanakan karena dapat mengetahui efektivitas dari pelayanan yang telah diberikan dan nantinya dapat diketahui dari segi-segi mana saja kekurangan  dalam pelayanan  Kantor Bea Cukai Tanjung Perak agar dapat dilakukan pembenahan secara cepat.

(PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan:


peserta plan tour memasuki ruangan kerja Bea Cukai Tanjung Perak

tamu undangan memasuki ruang kerja PFPD didampingi Para Kasubsi

salah satu PFPD berfoto bersama tamu undangan

Kakanwil DJBC Jatim I, Decy Arifinsjah menyampaikan sambutan

Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak, Efrizal menyampaikan sambutan

Suasana dalam auditorium, peserta tampak serius mendengarkan

PFPD, I Gusti Agung Ayu Ari Tyastari menyampaikan materi tentang SIMODIS

Penyerahan hasil survei kepada Tim Kepatuhan Internal Kanwil DJBC Jatim I