PPKP tentang Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)

Tanjung Perak, Surabaya – Selasa dan Kamis (29-30/08/2017) KPPBC TMP Tanjung Perak mengadakan program pembinaan keterampilan pegawai (PPKP) yang membahas tentang Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)

Kegiatan PPKP dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh pegawai di lingkungan KPPBC Tanjung Perak. Materi disampaikan oleh Ivo dari Taspen. JKK adalah perlindungan atas resiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja berupa perwatan, santunan, dan tunjangan cacat. Program ini mempunyai manfaat berupa pemberian perawatan dan santunan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN)

Sedangkan untuk JKM adalah perlindungan atas resiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja berupa kematian. Manfaat yang diberikan Taspen adalah

  1. Santunan sekaligus
  2. Uang duka wafat
  3. Biaya pemakaman
  4. Bantunan beasiswa

Persyaratan pembayaran klim untuk jaminan kematian (JKM) adalah ahli waris mengajukan klaim atas jaminan kematian bersamaan dengan klaim jaminan hari tua bagi peserta meninggal dunia, sebagaimana ketentuan persyaratan yang berlaku pada klaim peserta yang wafat.

(PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan:

(suasana kegiatan di auditorium)

(Narasumber dari Taspen menyampaikan materi)

(Ivo, salah satu narasumber dari Taspen )

(peserta PPKP)