Sosialisasi PUG Kemenkeu

Tanjung Perak, Surabaya – kali ini Satuan Kerja KPPBC TMP Tanjung Perak mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengarusutamaan Gender kepada para pegawai. Pengarusutamaan Gender yang biasa kita kenal dengan singkatan PUG ini perlu diketahui oleh seluruh pegawai di kementerian keuangan, khususnya pegawai BC Tanjung Perak karena masih terdapat kekurang-pahaman yang mendasar tentang manfaat dan pentingnya pengarusutamaan gender.

Acara yang dilaksanakan di Auditorium kantor pada Selasa, 28 Februari 2017, dibuka oleh Plh. Kepala Kantor, Bapak Sang Sang Rusgianto dan dilanjutkan pemaparan materi oleh Bapak Suroso sebagai Kabag Perencanaan, Biro Perencanaan dan Keuangan Setjen Kementerian Keuangan.

Istilah ‘gender’ tidak mudah diterjemahkan kedalam bahasa  Indonesia dan sering disalah-artikan sebagai istilah jenis kelamin, perempuan saja, atau yang berkaitan dengan perempuan. Pada prinsipnya Gender adalah perbedaan peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang dibentuk/dikonstruksikan oleh masyarakat (diharapkan, diajarkan, disosialisasikan oleh keluarga dan masyarakatnya) dan bersifat dinamis (waktu, tempat, sosial dan ekonomi), “Implementasi PUG perlu didukung dengan anggaran yang responsif gender” ujar Suroso, yang sebelumnya harus diajukan melalui RKAKL.

Dengan adanya pemaparan PUG ini, para pegawai KPPBC TMP Tanjung Perak diharapkan memahami konsep gender dan bisa memberikan kontribusi dalam melaksanakannya untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

 

(PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan :