Seminar Reproduksi Wanita

Tanjung Perak, Surabaya – Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiganya (sumber bidanku.com). Mengingat pentingnya pengetahuan tentang penyakit kanker serviks ini, maka karyawati BC Tanjung Perak bekerjasama dengan PKBI (Perkumpulan  Keluarga Berencana Indonesia) mengadakan kegiatan Seminar Reproduksi Wanita yang dilanjutkan dengan pelaksanaan Pap Smear pada Jumat, 24 Februari 2017, di Auditorium kantor.

Acara ini dimulai pukul 10.00WIB dan dibuka oleh Kepala Subbagian Umum, Lenni Ika Wahyudiasti, sekaligus sebagai ketua karyawati Bea Cukai Tanjung Perak. Pemateri dari BKBI yaitu dr. Dyah Ayu Sartika menjelaskan bahwa bahaya penyakit kanker mulut rahim dapat dideteksi dengan melakukan Pap Smear, dan sebaiknya dilakukan 1 kali setahun oleh setiap wanita yang sudah melakukan hubungan seksual.

Peserta yang mengikuti seminar dan pelaksanaan pap smear ini tidak hanya dari karyawati KPPBC TMP Tanjung Perak saja, namun ibu-ibu dharma wanita, anak2 remaja yang sedang magang, juga ibu-ibu kantin tak ketinggalan untuk mengikuti kegiatan ini. Wah mantap seminar kali ini…… insyaaAllah sangat bermanfaat!

Setelah penyampaian materi seminar, KSBU menyempatkan melakukan acara perpisahan dengan salah satu karyawati yang akan purna tugas pada tanggal 1 Maret 2017 yaitu Ibu Hartatik Wiji Sunaryani, kemudian acara penyerahan cinderamata dan foto bersama, selanjutnya secara bergiliran ibu-ibu melakukan Pap Smear di ruang klinik yang tersedia di KPPBC TMP Tanjung Perak.

Semoga kaum wanita di Indonesia, khususnya yang mengikuti seminar dan Pap Smear pada hari ini terhindar dari penyakit kanker mulut rahim. Aamiin!!

 

 

(PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan :