Hari Kartini

 

Tanjung Perak, Surabaya – Hari ini, 138 tahun yang lalu di Jepara Jawa Tengah lahirlah sosok perempuan. Kartini, nama yang diberikan oleh orang tuanya. Kelak, perempuan ini melahirkan ide cemerlang untuk mengangkat harkat kaum Wanita agar mendapatkan kesempatan yang sama dengan kaum Pria dalam segala hal. Hingga kini, semangat dan perjuangan beliau dapat selalu kita kenang dan rasakan. Dengan latar belakang itulah pada hari Jumat, 21 April 2017 bertempat di Ruang Auditorium, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak mengadakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kartini.

Kegiatan pada pagi hari itu dibuka oleh sambutan dari Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak, Efrizal, yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Bidang Fasilitas Kanwil Jatim I, Iwan Riswanto. Acara ini diikuti oleh pegawai dari Kantor Wilayah Jatim I, KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya dan Kantor BPIB Surabaya. Setelah sambutan berakhir, dinyanyikanlah “Lagu Ibu Kita Kartini” yang diikuti dengan suara lantang penuh semangat dari para peserta. Lagu tersebut memang mencerminkan sosok perempuan tangguh dari seorang Kartini.

Acara yang ditampilkan pada pagi ini meliputi Lomba Memasak dan Kuis Family 100 Spesial Kartini. Dalam acara Lomba Memasak, nampak terlihat tangan-tangan cekatan dalam mengolah bahan yang disediakan oleh panitia walaupun peserta yang meramaikan acara tersebut sebagian besar diikuti oleh para Pria yang notabene jarang bersinggungan dengan urusan dapur. Para penonton pun sangat antusias menyaksikan Lomba ini terlihat dari banyaknya saran dan masukan serta gelak tawa ketika melihat peserta dalam memasak. Penulis yang terlibat langsung dalam Lomba Memasak ini pun juga merasakan keseruan yang sama pada pagi hari tersebut. Kejadian yang tidak kalah serunya juga terjadi ketika diadakan Kuis Family 100 Spesial Kartini, para peserta Lomba cukup cerdas dalam menjawab pertanyaan dari Juri yang diiringi dengan kelucuan dan kekompakkan dari tiap peserta. Selain itu, juga diadakan Lomba Kostum Terbaik yang dikenakan oleh para peserta.

Tidak terasa waktu telah siang, keceriaan tersebut berakhir dengan dilanjutkan dengan foto bersama oleh para peserta. MAJULAH TERUS KARTINI INDONESIA ! ! !

 

 

 (PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan :