Kunjungan Ketua Pusat Studi Wanita/Gender dan Anak Universitas Airlangga

Surabaya, 2 Agustus 2017.  Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak mendapat kehormatan ketika dikunjungi oleh tim dari Pusat Studi Gender dan Anak Universitas Airlangga Surabaya. Rombongan yang dipimpin langsung oleh ketuanya, Prof. Dr. Dra. Emy Susanti, MA ini dilakukan untuk meninjau implementasi kebijakan responsif gender yang telah dilakukan oleh KPPBC TMP Tanjung Perak selama beberapa tahun belakangan.

Kunjungan selepas istirahat siang itu sejatinya merupakan kunjungan balasan atas kunjungan silaturahmi yang dilakukan Tim Kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) KPPBC TMP Tanjung Perak ke Pusat Studi Wanita/Gender dan Anak Universitas Airlangga beberapa waktu sebelumnya. Selain melakukan diskusi hangat dengan Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak, Efrizal, yang didampingi oleh Ketua Tim Kerja PUG BC Perak, Lenni Ika Wahyudiasti  beserta sejumlah anggota timnya, dalam kunjungan perdananya kali ini, Prof. Dr. Dra. Emy Susanti, MA memberikan apresiasi khusus atas berbagai kebijakan responsif gender yang sudah dilakukan oleh KPPBC TMP Tanjung Perak. Sejumlah sarana dan prasarana kantor ditinjau oleh perempuan yang juga didaulat menjadi Ketua Asosiasi Pusat Studi Wanita/Gender dan Anak Seluruh Indonesia (ASWGI) ini, seperti Ruang Ramah Anak, Ruang Laktasi, Priority Lounge, Priority Parking, Jalur Khusus dan Toilet Khusus Disabilitas, Ruang Terbuka Hijau, serta Pojok Info dan Kreativitas (PINTAS) lengkap dengan Kotak Saran Internal bertuliskan “Suarakan Suara Anda” di beberapa lokasi.

“Saya senang Kantor Bea Cukai Tanjung Perak telah menerapkan kebijakan yang responsif gender. Tak hanya soal kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, namun kantor ini juga memikirkan kesetaraan dan kebutuhan mereka yang berkebutuhan khusus, lansia maupun anak-anak,” pujinya.  “Dan saya yakin,  implementasi kebijakan responsif gender ini tak lepas dari komitmen tinggi pimpinan di kantor ini yang didukung oleh pemahaman yang memadai dari seluruh pegawainya,” tutur perempuan cantik yang menjadi Guru Besar bidang Sosiologi Gender Universitas Airlangga ini dengan amat yakin.

Tak urung, apresiasi tinggi dan kehadiran Prof. Dr. Dra. Emy Susanti, MA yang siang itu didampingi oleh beberapa pengurus Pusat Studi Wanita/Gender dan Anak Universitas Airlangga, Dra. Sartika Soesilowati, MA, Ph.D, dosen FISIP Universitas Airlangga dan telah menelurkan sejumlah kajian/penelitian tentang persoalan gender di Surabaya serta Dr. Lanny Ramli, dosen Fakultas Hukum sekaligus Kepala Unit Konsultasi dan Bantuan Hukum (UKBH) Universitas Airlangga yang sempat menjadi calon Hakim Agung beberapa waktu lalu ini kian menyemangati KPPBC TMP Tanjung Perak untuk senantiasa berbenah diri dan membuat berbagai terobosan dan inovasi yang sejalan dengan kebijakan pengarusutamaan gender yang telah digulirkan pemerintah sejak tujuh belas tahun silam. Dan yang pasti, beragam upaya ini seiring dengan usaha keras segenap elemen di KPPBC TMP Tanjung Perak untuk senantiasa menyempurnakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara sebagaimana tertulis dalam slogan “Kesetaraan Gender untuk Kesempurnaan Pengabdian” yang menjadi tagline Tim Kerja PUG BC Perak.

Dokumentasi Kegiatan :

(foto bersama dengan Tim Pusat Studi Gender dan Anak UNAIR )

(Diskusi bersama di ruang kepala kantor)

(ruang terbuka hijau)

(Priority Lounge)

(Priority Health Care)

(Ruang Laktasi)

(Ruang Laktasi)

(Jalur DIsabilitas)

(Ruang Ramah Anak)

(Ruang Ramah Anak)

( Pojok Info dan Kreativitas)