Bincang Santai “Kesetaraan Gender

 

 

 

Bincang Santai “Kesetaraan Gender untuk kesempurnaan Pengabdian” KPPBC TMP Tanjung Perak

Tanjung Perak, Surabaya – Gender adalah satu kata yang sering kita dengar dalam bahasa sehari-hari. Namun, apakah ada yang memahami bahwa konsep gender itu berbeda dengan jenis kelamin?. Ya, keduanya memang satu hal berbeda. Masyarakat seringkali mencampur-adukan kedua kata ini. Padahal, jenis kelamin merupakan karakteristik biologis untuk membedakan jenis kelamin perempuan dan jenis kelamin laki-laki yang didapati sebagai pemberian Ilahi. Sedangkan gender adalah karakteristik sosial untuk membedakan perempuan dan laki-laki dan juga untuk membedakan peran, status, relasi antara keduanya.

Dengan seiring berjalannya waktu, konsep pemahaman gender ini semakin meluas dan berkembang hingga konsep ini dijadikan sebagai ajang perlombaan. Tidak heran banyak kantor-kantor pemerintah maupun swasta telah banyak memperbaiki sistem layanan maupun sarana prasarana untuk mendukung konsep ini.

Sebagai bentuk implementasi, KPPBC TMP Tanjung Perak (Rabu, 19/07/2017) menyelenggarakan bincang santai dengan pakar gender yang dihadiri oleh pegawai di lingkungan KPPBC TMP Tanjung Perak dan beberapa pegawai di lingkungan Kanwil DJBC Jatim I.

            Narasumber bincang santai ini adalah Yulfita Raharjo, Ph. D. Beliau adalah pakar gender yang telah sering menjadi juri dalam lomba kantor Pengarustamaan Gender (PUG) di lingkungan Kementerian Keuangan dan pernah bergabung dengan Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG) dari tahun 2010 hingga 2017 sebagai Gender Adviser. Dalam penyampaiannya, beliau meluruskan konsep gender dengan jenis kelamin yang selama ini masih rancu. Seperti yang telah dijelaskan diawal tadi, bahwa konsep gender ini tidak melulu tentang perempuan dan laki-laki, namun juga peran, status, relasi antara keduanya. Lulusan Doctor of Philosophy, The Australian National University ini juga menjelaskan bahwa penerapan PUG di Kementerian Keuangan sudah banyak mengeluarkan kebijakan/kegiatan terkait hal ini.

            Antusiasme beliau dalam menjelaskan tidak cukup sampai disitu, setelah bincang santai selesai pun beliau masih ingin menjelaskan secara detail dan ingin memahami pelaksanaan PUG di KPPBC TMP Tanjung Perak. Didampingi oleh tim PUG KPPBC TMP Tanjung Perak, beliau memberikan saran dan masukan terkait pelaksanaan kegiatan yang telah tersusun sesuai konsep PUG agar nantinya dapat menjadi contoh kantor-kantor lain dalam menerapkan konsep PUG di dalam kebijakan internal maupun eksternal

 

(PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan: