BC Perak Gelar Sosialisasi Manifes dan Sharing Session Pelayanan

#BCPerakPAHLAWAN "Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan"

Surabaya, 28-09-2021 – Dalam rangka meningkatkan pelayanan, serta memberikan pemahaman terkait  Kewajiban Pencantuman NPWP pada Dokumen Manifes, Bea Cukai Tanjung Perak menggelar Sosialisasi Manifes dan Sharing Session Pelayanan. Pencantuman NPWP pada manifes efektif berlaku terhitung mulai 1 Agustus 2021 silam. Aturan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 97/PMK.04/2020 dan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-11/BC/2020.

Narasumber pada hari ini, dari Seksi Manifes Bapak Insa dan Bapak Firman mengungkapkan, tujuan pencantuman NPWP pada dokumen manifes yaitu untuk menghindari penipuan atau penggunaan identitas penerima barang tanpa izin pada inward manifes. Kedepannya dengan pencantuman NPWP ini, pengguna jasa akan mendapat notifikasi barang sudah tiba, kemudian akan dapat melakukan entry PIB dengan menarik data manifes menggunakan referensi NPWP, dan sebagai validasi dan bukti rekonsiliasi ke Direktorat Jenderal Pajak untuk outward manifes.

Selain Sosialisasi Manifes, dalam kesempatan ini Bea Cukai Tanjung Perak memfasilitasi para pengguna jasa untuk menyampaikan kendala dalam kegiatan kepabeanan dalam tajuk acara sharing session pelayanan. Dalam kegiatan ini pertanyaan pengguna jasa akan langsung ditanggapi oleh PFPD ataupun kepala seksi terkait. Acara ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Tanjung Perak guna memberikan pelayanan prima bagi para pengguna jasa.

 

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)