BC PERAK KENALKAN APLIKASI SIPINTER UNTUK MEMPERCEPAT PENERIMAAN DOKUMEN

Surabaya, 28-05-2020 – Banyak upaya yang dilakukan oleh Bea Cukai Tanjung Perak dalam mendukung percepatan penerimaan dokumen selama masa tanggap darurat Covid-19, salah satunya dengan membuat aplikasi berbasis web bernama SIPINTER (Sistem Pelayanan dan Informasi Terpadu). Sosialisasi dalam rangka uji coba penggunaan aplikasi dilakukan pada hari Selasa, 12 Mei 2020 lalu melalui video conference. Dengan Kepala Subseksi Penyuluhan, Sunarko sebagai pemateri, sebanyak 77 pengguna jasa turut bergabung dalam sosialisasi yang tersebut. Sosialisasi dibuka dengan memberikan pengarahan kepada pengguna jasa mengenai larangan gratifikasi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Didiek Kurniawan.

Perlu diketahui, aplikasi SIPINTER merupakan aplikasi bersifat lokal untuk memberikan pelayanan dan informasi kepada pengguna jasa yang berjalan beriringan dengan aplikasi utama Bea Cukai, CEISA (Customs & Excise Information System Automation). Dengan mengakses pada alamat sipinter.bcperak.net pengguna jasa sudah dapat melakukan sendiri penginputan dokumen yang telah di scan sebelumnya. Pada aplikasi SIPINTER terdapat menu layanan untuk pengguna jasa yang disematkan pada modul Layanan Mandiri yaitu Pembatalan Aju dan Penerimaan Dokumen (Pendok) Online. Tujuan dibuatnya aplikasi SIPINTER ini adalah untuk menggantikan penerimaan dokumen selama masa Covid-19 yang sebelumnya dilakukan melalui email.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi uji coba SIPINTER ini, para pengguna jasa bisa memahami cara penggunaan aplikasi tersebut sehingga dapat mendukung penerimaan dokumen yang efektif dan efisien.
(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)