BC Perak Masuk Jajaran Top 6 Kantor Pengelola Arsip Terbaik

#BCPerakPAHLAWAN "Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan"

Surabaya, 03-08-2022 Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan arsip serta memberikan apresiasi terhadap unit kerja yang telah melaksanakan pengelolaan arsip sesuai prinsip, kaidah, dan ketentuan mengenai kearsipan di lingkungan Kementerian Keuangan, Sekretariat Direktorat Jenderal melaksanakan kegiatan Pemilihan Kantor Pengelola Arsip Terbaik (KPAT) di lingkungan DJBC. Bea Cukai Tanjung Perak turut berpartisipasi dalam pemilihan tersebut bersaing dengan 17 kantor bea cukai lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Pada Selasa, 2 Agustus 2022 BC Perak menerima kunjungan dari Sekretariat Direktorat Jenderal selaku tim penilai. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan penilaian akhir melalui verifikasi dan peninjauan lapangan terhadap kantor-kantor yang lolos kedalam babak 6 besar pada tahap penilaian administrasi.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak, Sodikin, memberikan pemaparan mengenai tata kelola arsip di Bea Cukai Tanjung Perak dan berbagai inovasi aplikasi lokal yang dimiliki guna mendukung kegiatan pengarsipan. Inovasi tersebut antara lain yakni SIPINTER OA yang merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk pengadministrasian surat masuk beriringan dengan aplikasi Nadine yang dikelola oleh Kemenkeu. Kemudian ada SIPINTER Pendok yang merupakan aplikasi berbasis web guna melakukan penerimaan dan penelitian dokumen PIB yang diserahkan oleh pengguna jasa, serta SIPAKET yang merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mencatat naskah dinas yang akan dikirim keluar. Tidak hanya aplikasi kearsipan, edukasi kearsipan juga diberikan secara terus menerus kepada seluruh jajaran pegawai di Bea Cukai Tanjung Perak, baik melalui Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (PPKP) maupun e-learning terbuka pada Kemenkeu Learning Center. Dalam kesempatan ini tim penilai juga melakukan uji temu arsip secara acak dan pengecekan gedung arsip untuk melihat kondisi penyimpanan arsip apakah telah dilakukan sesuai dengan ketentuan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan arsip yang baik sesuai kaidah yang berlaku untuk menjamin ketersediaan informasi dokumen yang runut dan tertata dalam mendukung proses bisnis kegiatan kepabeanan di Bea Cukai Tanjung Perak.

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)