BC PERAK PERKOKOH INTEGRITAS PEGAWAI UNTUK PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PERAK

BC Perak BERAKSI

#Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI#

 

            Surabaya, (28/05/2019) Seiring dengan pembangunan zona integritas, telah terbit Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 Tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi yang didalamnya tertuang Pembangunan Zona Integritas pada Kawasan Strategis, yaitu kawasan Bandar Udara dan Pelabuhan Laut Republik Indonesia. Terdapat 6 (enam) Pelabuhan Laut dan 6 (enam) Bandar Udara  Indonesia yang telah ditunjuk oleh KPK dan Kemenpan RB untuk mengikuti program ini. Bea Cukai Tanjung Perak sebagai salah satu instansi yang berada di kawasan pelabuhan laut mendapat kepercayaan untuk turut berpartisipasi dalam program tersebut.

                Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak, Basuki Suryanto menyampaikan dengan tegas dalam pengarahan yang diberikan pagi itu bahwa ia tidak segan untuk menindak tegas setiap perbuatan yang mengarah pada tindakan Korupsi , Kolusi dan Nepotisme (KKN) di Bea Cukai Tanjung Perak. Selain itu, Basuki menyampaikan bahwa WBK itu bukan hanya sebuah predikat semata namun WBK itu harus ditanamkan pada setiap pegawai agar memiliki jiwa melawan korupsi.

                Salah satu jenis korupsi yang patut diwaspadai menjelang perayaan hari raya yakni Gratifikasi. Didiek Kurniawan, Kepala Seksi Kepatuhan Internal menyampaikan bahwa setiap pegawai (ASN) wajib menolak pemberian / gratifikasi yang diberikan oleh pengguna jasa baik dalam bentuk uang, barang atau bentuk pemberian lainnya. Apabila mereka berada dalam situasi tidak ada kesempatan untuk menolak maka wajib untuk melaporkan pada Unit Pengendali Gratifikasi  (UPG) di instansinya paling lambat dalam waktu 7 hari kerja terhitung sejak diterima/ditolaknya pemberian/ gratifikasi . Kemudahan Pelaporan gratifikasi kini dapat dinikmati dalam bentuk aplikasi e-Gratifikasi, para penerima barang yang diduga gratifikasi bisa langsung melapor lewat aplikasi GOL KPK dan diteruskan pada unit UPG di instansinya.

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukaimakinbaik

#beacukairi

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)