Bea Cukai Perak Dukung Implementasi NLE dan SSm Pengangkut di Daerah

#BCPerakPAHLAWAN "Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan"

Surabaya, 05-11-2021 – Dalam rangka mengenalkan dan meningkatkan utilisasi layanan-layanan pada National Logistics Ecosystem (NLE) khususnya layanan trucking, Bea Cukai Tanjung Perak ikut serta mendukung dan turut membantu menyosialisasikan kepada pengguna jasa, khususnya mereka yang menjadi penyedia jasa logistik trucking maupun pengusaha truk yang ada di daerah. Bekerja sama dengan Tim NLE, kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting, Kamis (04/11).

Pada sosialisasi ini, pihak NLE memberikan kesempatan kepada pengusaha  truk untuk bergabung dalam rangka percepatan proses pengangkutan, mulai dari memilih armada pengangkut, memilih tujuan pengiriman barang, mengetahui tarif atas pengiriman /pengangkutan barang, sampai dengan proses pembayaran atas jasa pengangkutan tersebut. Ada tiga perusahaan trucking yang menyampaikan paparan materinya pada sosialisasi ini, yakni GUUD Logistics Indonesia, iTruck.id, dan Logo Trucking. Dengan adanya layanan NLE ini diharapkan mampu mengurangi biaya logistik yang tinggi yang menjadi perhatian utama pemerintah, tertuang pada empat pilar NLE pada INPRES No.5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

Selain sosialisasi mengenai NLE, pengenalan aplikasi Single Submission (SSm) Pengangkutan juga diberikan kepada empat perusahaan pelayaran sebagai pilot project, antara lain PT Samudera Agencies Indonesia, PT Karana Line, PT Perusahaan Pelayaran Nusantara Panurjwan dan PT Container Maritime Activities. Dengan penenalan SSm ini bisa mempermudah proses bisnis dengan harapan tidak ada lagi repitisi dan duplikasi proses dokumen terwujudnya integrasi dan harmonisasi kebijakan layanan logistik, serta lalu lintas komoditi dapat terawasi.

 

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak