CGC Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya: Ternyata Bea Cukai itu Asik

#BCPerakPAHLAWAN "Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan"

Surabaya, 23-04-2021 Pandemi tak menjadi penghalang bagi Bea Cukai Tanjung Perak untuk terus memberikan edukasi kepabeanan baik kepada pengguna jasa maupun kalangan mahasiswa. Tak dapat dipungkiri, antusiasme dan gairah para mahasiswa untuk memiliki usaha yang dapat bersaing di pasar global menjadi tonggak harapan kebangkitan ekonomi nasional. Tentunya bea cukai mengambil peran yang cukup penting dalam mendukung tercapainya cita-cita tersebut. Bersama 600 mahasiswa program studi manajemen Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya,  Bea Cukai Tanjung Perak  menyelenggarakan customs goes to campus bertajuk Peran Bea Cukai di Masa Pandemi COVID-19 (22/04/2021).

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi sekaligus narasumber, Sulaiman, memberikan pemaparan mengenai dampak pandemi COVID-19 bagi ekonomi dunia, tren pertumbuhan sektor industri, program pemulihan ekonomi nasional (PEN), tugas dan fungsi bea cukai dalam medukung ekspor. Antusiasme para peserta terlihat begitu besar, beragam pertanyaan diajukan kepada narasumber mulai dari simplifikasi layanan dan kemudahan layanan yang dapat diakses, asistensi produk tujuan ekspor, dan peran mahasiswa dalam membantu memberantas peredaran rokok ilegal yang masih menjadi isu meresahkan di masyarakat.

Ketika ditanya bagaimana pandangan mereka mengenai bea cukai, mereka mengungkapkan awalnya mereka mengira bea cukai itu, “kaku dan kolot” sebagaimana pandangan masyarakat biasanya terhadap instansi pemerintah. Namun pada hari itu stigma tersebut terpatahkan, mereka mengungkapkan bahwa bea cukai sudah jauh bertransformasi menjadi instansi yang “asik dan bersahabat”. Diakhir acara, Kepala Program Studi Manajemen, Amelia, mengungkapkan bahwa para mahasiswa berharap Bea Cukai Tanjung Perak bersedia untuk kembali memberikan seminar mengenai ilmu-ilmu kepabeanan terlebih mengenai ekspor. Tentunya hal ini disambut hangat oleh Bea Cukai Tanjung Perak, dengan edukasi yang diberikan kepada para stakeholder diharapkan dapat membantu menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional yang menjadi cita-cita bangsa.

 

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)