IMPLEMENTASI PILOTTING SINGLE SUBMISSION (SSM) PERDANA BEA CUKAI PERAK – KARANTINA

#BCPerakPAHLAWAN "Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan"

Surabaya, 08-07-2020 – Setelah sebelumnya menyelenggarakan sosialisasi dan penandatanganan implementasi Pilotting Single Submission (SSm) Bea Cukai – Karantina, Selasa 7 Juli 2020, Bea Cukai Tanjung Perak dan Karantina Pertanian Surabaya lakukan uji coba perdana implementasi Pilotting SSm Joint Inspection dalam rangka membentuk National Logistics Ecosystem (NLE) di pelabuhan Tanjung Perak. Pemeriksaan bersama perdana Bea Cukai – Karantina paska penerapan sistem SSm tersebut dilakukan di Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Tanjung Perak.
Sebanyak 1 kontainer ukuran 20" yang berisi 751 bag Sesame Seed (Biji Wijen) dengan netto 18.555 kg berasal dari India menjadi barang impor pertama yang mendapat pemeriksaan bersama (Joint Inspection) Bea Cukai – Karantina.
“Dengan pemeriksaan bersama ini, akan lebih memudahkan importir mengurus perijinan dan mengurangi biaya penanganan peti kemas karena peti kemas akan langsung diperiksa oleh bea cukai dan karantina pada lokasi dan waktu yang bersamaan,” ujar Kepala Bea Cukai Tanjung Perak Aris Sudarminto.
Implementasi Pilotting SSm Bea Cukai – Karantina ini merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional. Selain diharapkan mampu mendorong perekonomian Indonesia khususnya di Jawa Timur ditengah pandemi Covid-19, implementasi ini juga diharapkan dapat menjadi solusi bagi seluruh pelabuhan di Indonesia untuk memangkas angka dwelling time yang berimbas memangkas waktu dan biaya pengeluaran kontainer sehingga membuat iklim usaha dan investasi di Jawa Timur semakin baik.

#bcperak
#beacukaimakinbaik
(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)