KAWAL KEBERHASILAN SECONDMAN BEA CUKAI DAN PAJAK, KANTOR PUSAT PAJAK ADAKAN MONITORING DAN EVALUASI KE BC PERAK

BC Perak BERAKSI

#Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI#

Surabaya, (23/05/2019) Sejalan dengan upaya pemerintah meningkatkan pendapatan negara dari sektor perpajakan, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menjalin kerja sama dalam program Secondment. Sesuai dengan surat perintah Menteri Keuangan, Secondment Program Sinergi DJBC dengan DJP ini dilaksanakan mulai tanggal 22 April sampai dengan 28 Juni 2019. Salah satu kantor bea cukai yang ditunjuk untuk mengikuti program tersebut yakni Bea Cukai Tanjung Perak.

Program yang telah berjalan selama 3 minggu itu mendapat perhatian penuh dari pimpinan Direktorat Pajak. Demi mengawal keberhasilan kerjasama yang ditujukan untuk meningkatkan pendapatan negara, Kepala Subdit Intelijen Penegak Hukum Direktorat Pajak, Soni Samiono,  mengadakan kunjungan ke Bea Cukai Tanjung Perak. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka monitoring dan evaluasi kinerja tim secondman pajak yang ditugaskan di Bea Cukai Tanjung Perak. Beberapa temuan yang berpotensi menambah penerimaan negara menjadi topik utama pada pertemuan tersebut.

Kemudahan pertukaran data melalui sistem yang telah terintegrasi masih menjadi faktor penghambat hingga saat ini. Kendati demikian program yang masih akan berjalan hingga 2 bulan kedepan ini mendapat dukungan penuh dari pihak bea cukai maupun pajak. Para pegawai secondman memiliki akses penuh untuk memperoleh data dan mengecek dokumen dari Wajib Pajak yang terindikasi melakukan pelanggaran yang dapat menimbulkan kerugian negara.

#bcperakberaksi #beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)