Kunjungan Lapangan Peserta Kursus GINSI Ke BC Perak

#BCPerakPAHLAWAN "Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan"

Surabaya, 28-04-2022 – Tidak hanya memberikan edukasi kepabeanan kepada institusi kependidikan formal, Bea Cukai Tanjung Perak juga menerima kunjungan dari berbagai asosiasi yang menyelenggarakan pendidikan kepabeanan salah satunya peserta kursus GINSI. Bertempat di Auditorium Bea Cukai Tanjung Perak, Rabu (27/04/22), Bea Cukai Tanjung Perak menerima kunjungan peserta “kursus” terkait kegiatan Ekspor-Impor yang tergabung dalam Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Jawa Timur. Kunjungan tersebut mendapat sambutan hangat dari Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak, Sodikin, beserta tim dari Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi.

Kegiatan yang dijadwalkan dimulai pada pukul 09.00 pagi tersebut berjalan lancar dan berlangsung cukup interaktif. Iman Hakiki selaku Fungsional Layanan Informasi menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Materi yang dipaparkan berkaitan dengan kepabeanan, yaitu ekspor impor meliputi penjelasan umum kawasan pabean, prosedur hingga dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk ekspor impor. Para peserta terlihat antusias dalam mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh narasumber. Pada sesi tanya jawab, beberapa peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang cukup menarik dan kritis, salah satunya mengenai alur proses pemeriksaan dokumen. Setelah sesi tanya jawab berakhir, para peserta diajak mengunjungi ruang pelayanan di Bea Cukai Tanjung Perak guna melihat langsung jenis layanan dan proses pelayanan yang sedang berlangsung.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, seluru peserta dapat memahami proses kepabeanan yang ada di Bea Cukai Tanjung Perak serta dapat membagikan ilmu yang didapat kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Dan menjadi hal yang sangat penting untuk disampaikan kepada seluruh kalangan bahwa pelayanan di Bea Cukai tidak dipungut biaya, kecuali pembayaran pajak atau cukai yang dibebankan dan dibayarkan kepada negara melalui rekening resmi dan sistem penerimaan negara.

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)