KUNJUNGAN UNIVERSITAS PELITA HARAPAN SURABAYA: BERKUNJUNG KE BC PERAK KARENA TERTARIK JADI EKSPORTIR

BC Perak BERAKSI
#Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI#

Surabaya, (19/03/2019) Tidak dapat dipungkiri bahwa kota Surabaya selain terkenal dengan lontong balap juga terkenal telah melahirkan beberapa pengusaha ternama. Sebut saja Hary Tanoesoedibjo, Roy Agustin, Alexander Tedja dan sederet nama lainnya. Berkaca dari hal tersebut, dapat dikatakan wajar apabila mahasiswa yang berkunjung di BC Perak pada siang ini memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi pengusaha di masa mendatang. Mereka ialah mahasiswa Universitas Pelita Harapan Surabaya.

Tampak sedikit berbeda dengan kunjungan kampus yang pernah diadakan sebelumnya. Apabila pada acara kunjungan sebelumnya peserta ditanya tertarik menjadi apa, maka sebagian besar menjawab ingin jadi bea Cukai. Namun hal ini berbanding terbalik dengan para mahasiswa UPH, mereka dengan mantapnya ingin menjadi Importir maupun Eksportir dimasa mendatang.Wah, perlu kita acungi jempol semangat dan tekad mereka.

Materi yang disampaikan oleh Kepala Sub Seksi Penyuluhan, Sunarko mengenai Tugas Pokok dan Fungsi Bea Cukai pada pagi itu dibawakan dengan santai dan luwes oleh beliau, sehingga para mahasiswa yang hadir tidak merasa tegang tetapi justru menikmati penyampaian materi yang diselingi dengan candaan serta contoh-contoh kejadian nyata di lapangan. Tak hanya pertanyaan terkait materi yang disampaikan, merekapun bertanya seputar kabar penahanan barang kiriman dari luar negeri  oleh pihak bea cukai dan pemilik barang diminta sejumlah uang lebih agar barang tersebut bisa lolos/keluar. Kejadian tersebut memang sering terjadi dan dijelaskan bahwa hal tersebut sudah pasti merupakan Penipuan.

Kunjungan siang ini ditutup dengan sesi bermain Kuis bersama, sesi ini menjadi sesi yang paling ditunggu para peserta, karena mereka yang berhasil menempati peringkat satu sampai lima mendapatkan hadiah menarik. Tak disangka pertanyaan yang cukup mendetailpun dapat mereka jawab dengan benar. Semoga kunjungan mereka hari ini dapat menjadi awal yang baik untuk mencapai cita-cita mereka menjadi importir dimasa mendatang. Tentunya untuk menjadi importir maupun eksportir yang taat aturan, mari kita doakan bersama.

#beacukaimakinbaik #beacukaiindonesia #bcperak
(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)
Dokumentasi Kegiatan :