MUSNAHKAN BTD, BDN DAN BMN, WUJUD BC PERAK LINDUNGI INDONESIA

#BCPerakPAHLAWAN "Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan"

Surabaya, 03-07-2020 – Bea Cukai Tanjung Perak melakukan pemusnahan Barang yang Dinyatakan Tidak Dikuasai (BTD), Barang yang Dikuasai Negara (BDN) serta Barang Milik Negara (BMN) pada hari Rabu, 24 Juni 2020. Bertempat di Plant PT Sinergi Jelma Anugerah, Mojokerto, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak Aris Sudarminto, Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai VII Nunik Wahyuni, Kepala Balai Karantina Musyaffak Fauzi serta jajaran, perwakilan dari Kepolisian Republik Indonesia, serta perwakilan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BTD, BDN dan BMN yang dimusnahkan sebagian besar merupakan barang larangan dan pembatasan (lartas) hasil tegahan petugas Bea Cukai Tanjung Perak yang tidak dapat dipenuhi izinnya sesuai dengan peraturan instansi terkait. Beberapa diantaranya yakni produk holtikultura berupa buah-buahan dan sayuran, rokok, minuman mengandung etil alkohol, senjata api, mainan, barang bekas, dan barang tegahan lainnya.

Kegiatan pemusnahan ini merupakan salah satu fungsi Bea dan Cukai untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif barang-barang yang tidak layak masuk Daerah Pabean Indonesia dan diharapkan mampu mendorong masyarakat agar lebih proaktif untuk mengetahui ketentuan yang harus dipenuhi saat melakukan kegiatan memasukan suatu barang (impor) ke Indonesia.

#bcperak
#beacukaimakinbaik
(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)