PANTAU PERKEMBANGAN DWELLING TIME, KEMENPAN RB LAKUKAN KUNJUNGAN KE PELABUHAN TANJUNG PERAK

#BCPerakBERAKSI

Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI

 

Surabaya, (13/11/2019)- Bertempat di Meeting Room, KPPBC TMP Tanjung Perak menerima kunjungan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan pada instansi-instansi di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak guna memperoleh informasi terkait perkembangan Dwelling Time. Basuki Suryanto selaku Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak beserta jajarannya turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Mengawali pembicaraan, Basuki menyampaikan kembali bahwa dalam Dwelling Time terdiri atas 3 (tiga) fase yang melibatkan beberapa instansi diantaranya fase pre-customs clearance, customs clearance,dan post-customs clearance. Adapun Bea Cukai hanya berperan di dalam proses Customs Clearance, yaitu waktu yang dimulai dari masuknya kapal ke pelabuhan sampai dengan terbitnya Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB). Proses Customs Clearance di Pelabuhan Tanjung Perak mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam kurun 3 (tiga) tahun terakhir dari yang sebelumnya 0,70 hari pada tahun 2017 menjadi 0,28 hari per September 2019. Waktu tersebut telah melampaui target yang di tetapkan yakni 0,81 hari di tahun 2017, dan 0,53 hari untuk tahun 2019.

Diharapkan tren penurunan ini terus berjalan guna terjaminnya kelancaran proses ekspor-impor sehingga mampu meningkatkan geliat bisnis dari para pelaku usaha perdagangan Lintas Negara tersebut.

 

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

instagram.com/bcperak

 

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukairi

#beacukaimakinbaik

 

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)