SELAMATKAN 242 RIBU MASYARAKAT INDONESIA DARI NARKOTIKA, BEA CUKAI TANJUNG PERAK TAK BERHENTI MENGAWASI DITENGAH PANDEMI

#BCPerakPAHLAWAN “Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan”

Surabaya, 28-12-2020- Bertempat di Polres Pelabuhan Tanjung Perak, dilaksanakan press release atas keberhasilan bersama dalam mengungkap berbagai modus kejahatan di area pelabuhan tanjung perak selama tahun 2020. Kasus-kasus tersebut antara lain penyalahgunaan dan penyelundupan narkotika, pemalsuan surat kesehatan covid-19, pengambilan paksa jenazah covid-19, minuman keras oplosan, dan curanmor. Jalinan sinergi menorehkan kinerja Pengawasan yang membanggakan khususnya dalam upaya penggagalan penyelundupan Narkotika, Psikotropika dan Prekursor  (NPP) ke dalam Wilayah Republik Indonesia. Bea Cukai Tanjung Perak telah berhasil menggagalkan penyelundupan NPP jenis Methamphetamine sebanyak sebanyak 13 Kali dengan berat total barang bukti mencapai 48,40 kg. Bila asumsi pengguna narkoba menggunakan rata-rata 0,2 gram tiap orang, maka jumlah tegahan ini mampu menyelamatkan lebih dari 242 ribu masyarakat Indonesia. “Selama tahun 2020, dari total 13 kasus penindakan 10 diantaranya dengan barang bukti 41,598 kg sabu proses hukumnya telah kami serahkan ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak, untuk ditindaklanjuti dan tentunya mari kita kuatkan sinergitas dalam memerangi narkoba” terang Aris Sudarminto.

Modus penyelundupan narkotika yang digunakan para penyelundup lebih variatif, total ada 9 modus yang berhasil diungkap, mulai dari modus lama seperti disembunyikan dalam kaleng cat/compound hingga modus baru seperti disembunyikan dalam sereal, power bank, mainan anak dan dispenser. Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si.,M.H. mengungkapkan bahwa keberhasilan ini merupakan bentuk jalinan kerjasama apik yang selama ini telah dirajut bersama Bea Cukai Tanjung Perak, Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan instansi lain di pelabuhan Tanjung Perak. Di tahun depan tentu saja modus akan terus berganti dan lebih variatif lagi, hal ini menjadi tantangan bagi tim untuk terus bekerja keras dan terus melakukan yang terbaik dalam mengawasi masuknya barang-barang terlarang yang masuk ke Indonesia sesuai dengan motto Bea Cukai Tanjung Perak yaitu BC Perak PAHLAWAN (Pantang Menyerah dalam Pengawasan dan Pelayanan).

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

#bcperak

#bcperakmakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)