Sharing Session BC Perak dengan para pengusaha ekspor CPO terkait PMK 22/PMK.04/2019

Surabaya, (12/03/2019)Sehubungan dengan telah diterbitkannya PMK 22/PMK.04/2019  tentang Ketentuan Ekspor Kelapa Sawit, Crude Palm Oil (CPO) dan Produk Turunannya yang mulai berlaku pada 8 maret 2019, Bea Cukai Perak adakan sharing session dengan para pengusaha ekspor CPO dan PPJK di Auditorium pada hari Selasa, 12 Maret 2019. Regulasi tersebut merupakan tindak lanjut atas hasil kesepakatan rapat terbatas di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yang memutuskan untuk mengambil kebijakan peningkatan ekspor dalam jangka pendek berupa penghapusan LS atas komoditi. Selain itu, Kelapa Sawit,CPO dan Produk Turunannya merupakan salah satu komoditi unggulan ekspor Indonesia dan menjadi objek Survey EoDB (Ease of Doing Business) 2018 sehingga perlu dilakukan simplifikasi sisdur ekspornya dengan pengurangan Laporan Surveyor (LS) terhadap komoditi tersebut. Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Eko Wijayanto, Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai XV yang menangani ekspor.

Beberapa poin penting dalam ketentuan yang disampaikan narasumber diantaranya :

1.      Eksportir harus mengajukan permohonan pemuatan barang untuk ekspor komoditi tersebut sebelum mengajukan PEB. Atas permohonan tersebut, Pejabat Bea Cukai melakukan pemeriksaan fisik. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, eksportir dapat mengajukan PEB.

2.      Eksportir dapat mengajukan permohonan untuk dilakukan pemeriksaan fisik terhadap komoditi tersebut non curah sebelum mengajukan PEB. Atas permohonan tersebut, Pejabat Bea Cukai melakukan pemeriksaan fisik. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, eksportir dapat mengajukan PEB. Apabila eksportir tidak melakukan pemeriksaan sebelum PEB, maka saat pengajuan PEB harus dilengkapi invoice, packing list dan hasil pengujian laboraturium. Laboraturium dilakukan oleh lab. DJBC atau lab. lain yang telah terakreditasi oleh Balai Laboraturium Bea Cukai (BLBC).

Diharapkan dengan adanya kebijakan ini, para pengusaha ekspor CPO dapat merasakan kemudahan birokrasi karena memangkas waktu dan biaya yang seharusnya  mereka bayar untuk penetbitan Laporan Surveyor.

#beacukaimakinbaik #beacukaiindonesia #bcperak
(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)
Dokumentasi Kegiatan :