SINERGI APIK BC PERAK DAN KANTOR PAJAK SURABAYA PABEAN CANTIKAN DALAM KELAS BIMBINGAN KEPABEANAN

BC Perak BERAKSI

#Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI#

 

            Surabaya, (09/05/2019) Kelas Bimbingan Kepabeanan merupakan fasilitas berupa program bimbingan yang diberikan Bea Cukai Tanjung Perak kepada pengguna jasa yang telah terselenggara sejak tahun 2017. Program ini rutin diadakan setiap 2 kali dalam 1 bulan dengan materi yang berbeda pada setiap pertemuannya. Tidak hanya menghadirkan narasumber dari bea cukai, program ini kerap kali menggundang narasumber dari instansi terkait lainnya. Pada pertemuan hari Rabu, 08 Mei 2019 Kelas Bimbingan Kepabeanan mengambil materi terkait Surat Keterangan Bebas PPh dan PPN Impor (SKB).

Dalam kelas bimbingan kali ini Bea Cukai Tanjung Perak melakukan sinergi apik dengan menghadirkan pemateri dari Kantor Pajak Surabaya Pabean Cantikan.Imaduddin Zauki , pemateri pada pagi ini membuka sesi penyampaian materi dengan menjelaskan peraturan-peraturan yang menjadi dasar dalam pengajuan SKB. Peraturan tersebut antara lain Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-1/Pj/2011 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 268/PMK.03/2015. Topik pembahasan utama pagi ini berfokus pada ketentuan mengenai pemberian fasilitas SKB dan syarat pengajuan SKB PPh maupun PPN. Hal ini berkaca dari kondisi di lapangan, bahwasannya dalam pengajuan SKB sering kali pengguna jasa kurang lengkap dalam  melampirkan dokumen utama maupun dokumen pendukung lainnya yang menyebabkan pengajuan permohonan tidak kunjung dikabulkan.

Penyampaian materi yang luwes oleh narasumber membuat proses diskusi berjalan lebih santai. Berbagai pertanyaan muncul dari pengguna jasa terkait jangka waktu berlakunya SKB, Pengembalian PPh, Pengajuan SKB sebelum Impor dan beberapa pertanyaan lainnya. Pelaksanaan Kelas Bimbingan Kepabeanan dengan menggandeng instansi terkait lainnya seperti Pajak menjadi salah satu alasan kelas bimbingan kepabeanan tetap eksis dan diminati pengguna jasa hingga kini.

 

#bcperakberaksi #beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)