Sinergi Bea Cukai Tanjung Perak dan BNNP Jawa Timur Gagalkan Upaya Penyelundupan 24.454 gram Sabu asal Malaysia

BC Perak BERAKSI

#Berani, jujuR, Amanah, tidaK korupSI#

 

Surabaya (03/09/2019) – Praktek penyelundupan Narkotika, Psikotropika dan Prekursor (NPP) akhir-akhir ini marak terjadi. Setelah beberapa bulan lalu  telah berhasil melakukan penindakan atas upaya penyelundupan methamphetamine HCl /sabu –sabu , kali ini ini Bea Cukai Tanjung Perak kembali menindak upaya penyelundupan sabu dengan berat total 24.454 (dua puluh empat empat ratus lima puluh empat) gram. Upaya ini merupakan kerjasama dan sinergi dengan BNNP Jawa Timur. Adapun modus yang digunakan sindikat ini masih sama dengan sebelumnya, yakni diimpor melalui barang kiriman.

Berawal dari informasi intelijen BNNP Jawa Timur yang diterima, petugas Bea Cukai Tanjung Perak segera melakukan penelitian data pada dokumen importasi barang kiriman dari Malaysia tujuan Madura. Setelah dilakukan pemeriksaan, BC Perak dan BNNP Jatim berhasil mengamankan narkotika jenis sabu yang dikemas dalam 1 kotak besar berisi 21 (dua puluh satu) bungkus dengan berat total 19.217 (sembilan belas ribu dua ratus tujuh belas) gram dan 1 (satu) kotak kecil berisi 3 (tiga) bungkus dengan berat total 4.014 (empat ribu empat belas) gram sehingga jumlah total keseluruhan yang diamankan petugas sebesar 23.231 (dua puluh tiga dua ratus tiga puluh satu) gram. Selain itu, sejumlah 1.223 (seribu dua ratus dua puluh tiga) gram sabu juga  berhasil diamankan melalui upaya pengejaran dan penangkapan saat tersangka hendak melakukan transaksi dengan pembeli.

Pada hari ini atas barang bukti methamphetamine HCl sebesar 24.454 gram (yang sebelumnya telah diserahterimakan kepada BNNP Jawa Timur) dilakukan pemusnahan, bertempat di Kantor Bea Cukai Tanjung Perak dengan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jatim I, Muhamad Purwantoro, Kepala BNNP Jatim, Bambang Budi Santoso, dan jajaran instansi terkait di Jawa Timur. Atas perbuatanya tersebut, tersangka diancam dengan Pasal 114 ayat (2) Subs Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

instagram.com/bcperak

 

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukairi

#beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)