Sukseskan Implementasi Security Awareness Melalui MONICA

Sukseskan Implementasi Security Awareness Melalui MONICA

#BCPerakPAHLAWAN "Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan"

Surabaya, 29-07-2022 – Security Awareness bertujuan agar semua pegawai Kementerian Keuangan memahami pentingnya keamanan informasi dan tanggung jawab mereka terkait keamanan informasi. Security Awareness bukan hanya tanggung jawab Top Management, Tim TIK, maupun Tim Keamanan Informasi saja, namun merupakan tanggung jawab semua pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan bahwa ada lebih dari 1,6 miliar anomali trafik atau serangan siber (cyber attack) yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia sepanjang tahun 2021. Sebagai salah satu instansi vital yang mengatur rantai pasokan logistik nasional, bea cukai menjadi salah satu instansi pemerintah yang menjadi sasaran para hacker.

Sebagaimana salah satu nilai Kementerian Keuangan yaitu kesempurnaan, Bea Cukai Tanjung Perak terus berkomitmen dan berinovasi guna melakukan perbaikan secara terus menerus untuk menghadirkan pelayanan

terbaik

bagi eksternal maupun internal organisasi. Menyadari pentingnya implementasi security awareness, Bea Cukai Tanjung Perak menghadirkan aplikasi lokal bernama MONICA (MONitoring Implementasi SeCurity Awareness). Tidak hanya digunakan oleh pegawai Bea Cukai Tanjung Perak namun Aplikasi MONICA digunakan oleh seluruh satker di bawah Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I. Setiap pegawai dapat memiliki akun MONICA dengan melakukan pendaftaran melalui laman monica.beacukaijatim1.com . Pertama-tama pegawai diwajibkan untuk mengisi pre survei guna mengetahui sejauh mana implementasi security awareness yang telah diterapkan oleh setiap pegawai. Selain itu guna menambah pengetahuan, seluruh pegawai diwajibkan untuk mengikuti pembelajaran mengenai keamanan informasi kemenkeu dengan materi yang berbeda setiap bulannya pada aplikasi MONICA. Diharapkannya dengan adanya MONICA, dapat menyukseskan Implementasi Security Awareness di Bea Cukai Jawa Timur I guna mewujudkan keamanan data dan informasi.

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)