TEGAKKAN ATURAN BC PERAK MUSNAHKAN DUA KONTAINER KULIT TERNAK

#BCPerakPAHLAWAN "Pantang Menyerah dalam Pelayanan dan Pengawasan"

Surabaya, 09-09-2021 – Bea Cukai Tanjung Perak melakukan pemusnahan atas barang yang dinyatakan sebagai Barang yang dinyatakan Tidak Dikuasai (BTD) dan dan Barang Milik Negara (BMN) pada 7 – 8 September 2021. Pemusnahan yang dilakukan di lahan terbuka seluas 0,9 hektare di kabupaten Mojokerto ini dihadiri oleh instansi terkait dan juga  PT Sinergi Jelma Anugerah. BTD dan BMN yang dimusnahkan sebagian besar merupakan barang larangan dan pembatasan (lartas) hasil tegahan petugas Bea Cukai Tanjung Perak yang tidak dapat dipenuhi izinnya sesuai dengan peraturan instansi terkait.

Barang tangkapan atau tegahan Bea Cukai memiliki proses baku yang tidak singkat. Semenjak barang tersebut ditegah Bea Cukai, barang tersebut akan menjalani beberapa tahapan yang terdiri atas tahapan pemeriksaan, tahapan penetapan status, dan tahapan penyelesaian. Adapun penyelesaian yang dilakukan tergantung pada kondisi barang tersebut dapat dilelang, dihibahkan, dan apabila barang busuk atau tidak tahan lama maka segera dimusnahkan. Dalam kesempatan ini adapun barang yang dimusnahkan terdiri dari 2 kontainer berisi 37 ball kulit ternak, 29.145 kg bawang merah, 1.920 pcs tissue, 36 pcs cairan dalam jerigen, barang elektronik dan lain sebagainya.

Kegiatan pemusnahan ini sejalan dengan salah satu fungsi Bea dan Cukai untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif barang-barang yang tidak layak masuk Daerah Pabean Indonesia dan diharapkan mampu mendorong masyarakat agar lebih proaktif untuk mengetahui ketentuan yang harus dipenuhi saat melakukan kegiatan memasukan suatu barang (impor) ke Indonesia.

 

facebook.com/bcperak

twitter.com/bcperak

#bcperak

#bcperakberaksi

#beacukaimakinbaik

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)