Khitanan Massal oleh Masjid Baitut Taqwa

Tanjung Perak, Surabaya – “huaaaaaaa…..huaaaaaaa…..huuuuuuu” begitulah suara jerit tangis anak-anak di Auditorium Bea Cukai Tanjung Perak. Bagaimana tidak, bila yang mereka lihat adalah jarum-jarum suntik dan peralatan khitan yang nampak mengerikan di mata mereka. Beberapa berteriak sampai ke urat-urat, beberapa hanya menyeka air mata tanpa bersuara, beberapa sampai dipeluk orang tuanya untuk mendapatkan ketenangan.

Ya, itu adalah potret suasana syahdu program khitan massal DKM Baitut Taqwa Bea Cukai Tanjung Perak yang terselenggara pada Rabu, 20 September  2017. Tak disangka, kegiatan ini diikuti oleh 50 anak-anak dari berbagai kalangan di penjuru Surabaya. Sebagai petugas pengkhitan adalah Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Surabaya dibantu oleh anggota DKM Baitut Taqwa. Tim pengkhitan ini bekerja dengan profesional dalam melaksanakan tugasnya, hal ini dapat terlihat dari bagaimana para petugas memulai proses khitan hingga membimbing anak-anak dan orangtuanya agar berpikiran tenang selama proses khitan. “Sudah bu, jangan dimarahi. Nanti anaknya semakin takut” ujar salah satu petugas.”Mereka perlu ditemani dan disemangati saja agar menambah keberanian saat proses, lebih bagus lagi ditemani dengan melantunkan ayat-ayat Al Quran” tambah petugas saat berbicara dengan orangtua anak-anak.

Maka tak heran bila kegiatan berlangsung dengan lancar dan tidak cukup memakan waktu yang lama. Selain keberadaan petugas yang cepat dan sigap, tetapi juga didukung dengan mudahnya pengondisian para peserta selama proses khitan. “Gimana dek? Sakit ga ternyata ?” tanya salah satu panitia. “Ternyata ga ada sakitnya ya, cuma waktu disuntik terasa cekit-cekit kayak digigit semut” jawab peserta dengan senyum meringis.

 (PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan: