Pelatihan Service Level Agreement (SLA) "Complaint Handling"

Tanjung Perak, Surabaya – “Apa sih makna pekerjaan bagi anda? Untuk sekedar mencari nafkah, mendapat uang, bertemu dengan teman kantor atau apa ?” itulah pertanyaan yang dilontarkan Angelia Marry, pemateri dari Iconesia saat Pelatihan Service Level Agreement (SLA) Complaint Handling di Auditorium Kantor Bea Cukai Tj. Perak pada Rabu, 04 Oktober 2017.

Pelatihan diselenggarakan dalam dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang dengan peserta yang memiliki keanekaragaman karakter. Namun para peserta pelatihan ini diutamakan pegawai yang bertugas sebagai frontliner yang memang setiap harinya bertemu dengan para pengguna jasa. Peserta pelatihan juga berasal dari kantor-kantor lain yang berada di bawah Kanwil DJBC Jatim I selain dari pegawai internal Kantor Bea Cukai Tanjung Perak.

“Kerja itu ibadah” tutur salah satu peserta. “Bekerja berarti terus melayani” tambah peserta lain. “Pekerjaan bukan hanya sekedar pekerjaan, namun lebih dari itu pekerjaan adalah kehormatan, pelayanan, anugerah dan ibadah” terang Angelia Marry. Beliau menuturkan bahwa salah satu elemen yang harus diperhatikan dalam kantor pelayanan publik adalah pelayanan. Sehingga tak heran bila selama pelatihan, pelayanan menjadi kata yang paling sering terdengar di telinga.

Sedemikian utamanya makna pelayanan tersebut, Restu Indah sebagai pemateri menyampaikan bagaimana besarnya tanggung jawabnya dalam menjunjung tinggi nilai pelayanan. Wanita yang juga berprofesi sebagai penyiar di salah satu stasiun radio terkemuka di Surabaya tersebut, menuturkan bahwa ia pernah berada dalam suatu kondisi yang membuat para pendengarnya menitikkan air mata bila mendengarnya. Namun kondisi tersebut harus ia kesampingkan karena saat itu ia tengah bertugas di ruang siar dan harus mengesampingkan kepentingan pribadi untuk mengedepankan pelayanan. Begitulah ia menjelaskan bahwa bila kita telah dipercaya untuk mengemban tugas, terlebih berkaitan dengan pelayanan maka suatu saat kita akan berhadapan dengan kondisi yang mungkin sulit bagi kita, namun ternyata the show must go on dan kita harus menyelesaikan apa yang telah diamanahkan kepada kita.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan setiap pegawai dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa karena memberikan pelayanan yang terbaik bukanlah suatu hal yang sulit. Hal itu akan mudah bila kita memberikan pelayanan dengan menghadirkan hati di dalamnya dan meniatkan bahwa bekerja hanya ditujukan untuk Sang Pencipta.

(PLI KPPBC TMP Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan:

(peserta SLA berdiskusi dengan mentor)

(Restu Indah kala memancing antusiasme peserta)

(Respon Tim Peserta dalam menanggapi kasus)

(Ice breaking untuk memecah kebosanan)

(renungan mengenai betapa pentingnya makna pelayanan)

(Foto bersama dengan para peserta)